Belajar 9 Unsur Musik yang Membentuk Lagu Secara Otodidak

Belajar 9 Unsur Musik yang Membentuk Lagu Secara Otodidak

Memahami tentang unsur musik itu penting jika Anda ingin terjun ke dalam dunia seni. Karena dari unsur inilah Anda bisa membuat sebuah lagu secara otodidak. Namun sebelum memahami unsurnya, Anda harus tahu fungsi musik itu sendiri. Sehingga Anda tahu tujuan dibuatnya sebuah lagu (musik).

Jadi fungsi musik adalah untuk mengungkapkan emosi penulis dan penikmat lagu yang bisa dijadikan sebagai sarana hiburan bersama. Selain itu, musik bisa dijadikan sebagai sarana bisnis juga yang sangat menguntungkan. Dengan terjun ke dalam dunia musik, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menjual merchandise, sponsor, dan tiket konser.

Musik juga merupakan sarana paling ampuh untuk relaksasi dan menenangkan jiwa. Dengan musik, Anda bisa menggunakannya juga sebagai sarana komunikasi. Hal ini terlihat dalam sebuah upacara dimana selalu ada musik khusus untuk mengisyaratkan bahwa acaranya dimulai. Melihat fungsi yang banyak, maka berikut akan dijelaskan macam-macam unsur musik di bawah ini!

Melodi & Irama

Melodi adalah kesatuan frase yang berasal dari nada-nada seperti interval dan juga rendah tinggi teratur berurutan. Dengan melodi membuat musik lebih menarik. Sedangkan irama adalah pergantian rendah tinggi, pendek panjang, dan nada lembut keras pada sebuah rangkaian musik. Jadi irama itu bisa dijadikan sebagai penentu kekuatan sebuah musik.

unsur musik

unsur musik

Birama

Birama adalah unsur seni yang tersusun atas ayunan dan ketukan secara berulang kali dengan teratur. Dimana Birama yang nilainya disebut dengan genap disebut bainar. Sedangkan birama yang memiliki penyebut ganjil disebut dengan ternair. Anda harus bisa membedakan antara birama ganjil dan genap jika ingin belajar musik.

Harmoni

Harmoni itu kumpulan nada yang jika dimainkan secara bersamaan akan menghasilkan sebuah bunyi sehingga enak didengarkan. Disamping itu harmoni juga bisa diartikan menjadi rangkaian akor yang tersusun secara selaras dan dijadikan sebagai iringan musik. Salah satu unsur musik ini tidak boleh terlewatkan jika Anda ingin membuat sebuah lagu.

Tangga Nada

unsur musik

unsur musik

Unsur ini adalah deretan nada yang tersusun secara bertingkat. Setidaknya ada 2 macam tangga nada, yaitu pentatonis dan diatonis. Tangga nada diatonis berasal dari 7 nada yang jaraknya 1 dan ¬Ĺ. Sementara pentatonis itu terdiri atas 5 buah nada yang memiliki jarak tertentu tidak sama seperti diatonis.

Tempo

Jika lagunya semakin cepat akan membuat nilai temponya semakin besar. Setidaknya ada 8 macam tempo berdasarkan tingkat kecepatannya yang harus dipahami jika Anda mempelajari dunia musik. Diantaranya yaitu presto, vivace, allegro, moderato, andante, adagio, lento, dan largo. Jadi artinya tempo adalah ukuran kecepatan lagu.

Dinamika

unsur musik

unsur musik

Jika dalam tempo tersebut terdiri atas 8 macam berdasarkan tingkat kecepatannya, sedangkan dinamika itu berbeda sekali. Dinamika adalah tanda untuk bermain nada menggunakan volume yang keras atau lembut. Dinamika sangat penting sekali dan harus dipelajari karena bisa memperlihatkan nuansa lagu seperti apa. Apakah senang, sedih, agresif, riang, dll.

Timbre & Ekspresi

Timbre itu adalah warna dan kualitas bunyi. Jadi keberadaannya dipengaruhi oleh cara getar dan sumber bunyinya. Timbre yang berasal dari alat musik tiup berbeda dengan petik, meskipun keduanya dimainkan menggunakan nada sama. Sedangkan ekspresi adalah ungkapan perasaan hati seorang pembawa lagu untuk menunjukkan apakah lagunya berisi kesedihan, kegembiraan, dll.

Jadi fungsi musik itu ada banyak. Salah satunya adalah bisa untuk hiburan, sarana relaksasi, meningkatkan kecerdasan penikmat dan penciptanya, dan masih banyak lagi. Sedangkan jika berbicara tentang unsurnya maka diatas sudah dijelaskan ada 9. Macam-macam unsur musik meliputi melodi, irama, birama, harmoni, tangga nada, tempo, dinamika, timbre, dan ekspresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now