jenis musik klasik

7 Jenis Musik Klasik Berdasarkan Periode Tahun Pembuatannya

Dalam perkembangannya, jenis musik klasik itu terbagi menjadi beberapa kelompok dan berasal dari seni barat. Sementara musik itu sendiri memiliki beraneka ragam jenis, yaitu modern, ansambel, kontemporer, klasik, dll. Setiap jenisnya memiliki ciri khas tersendiri sehingga fungsi dan cara memainkannya juga berbeda.

Salah satu jenis musik yang akan kami kupas kali ini adalah klasik. Musik klasik memiliki istilah luas dan umumnya pada periode abad ke-9 sampai 21 berasal dari tradisi kesenian khas barat, orkestra http://128.199.145.222, dan kristiani. Selain itu, definisi lainnya adalah kebudayaan dari daratan Eropa.

Jadi bisa disimpulkan bahwa musik klasik di komposisi dari budaya Eropa, lebih tepatnya pada tahun 1750 hingga 1825. Untuk jenisnya sendiri memiliki ragam yang tidak sama. Pembagian jenis musiknya terbagi berdasarkan periode peluncurannya. Di bawah ini adalah 7 jenis musik klasik berdasarkan periode tahun pembuatannya, antara lain:

Notasi Gregorian

jenis musik klasik

jenis musik klasik

Notasi Gregorian merupakan cikal bakal dari dibentuknya musik klasik. Jenis musik ini dibuat dari tahun 590 M. Notasinya terdiri dari 4 garis balok not dan tidak memiliki irama menentu. Sehingga hal ini menjadikan pemainnya harus mengandalkan perasaan dan menyesuaikan hitungan penyanyinya agar lantunan musiknya bisa terdengar merdu.

Organum

Jenis musik ini terbentuk sejak 1150 hingga 1400 Masehi. Pada masa itu banyak orang kesulitan mempelajari lagu bernada rendah dan tinggi. Maka dari itulah, dilakukan modifikasi dan perubahan agar lebih mudah dipelajari. Dari sinilah kemudian terbentuk musik diafoni, sebuah suara yang rendah dan kuat mengikuti melodi.

Basso Ostinato

Jenis musik ini sudah ada sejak tahun 1600 Masehi. Basso Ostinato merupakan rangkaian nada yang berjalan secara perlahan mengarah ke atas dan bawah begitu juga sebaliknya. Kemudian rangkaian nadanya diulang bersamaan dengan nada lainnya sehingga terciptalah jenis musik klasik yang satu ini.

Polifoni era Barok

Jenis musik ini terbentuk sejak tahun 1600 hingga 1750 Masehi. Jadi jenis musik ini sudah ada sejak zaman Barok sesuai namanya. Teknik yang digunakan pada jenis musik ini adalah kontrapung karena hampir semua seniman di masa itu menggunakan cara itu. Sehingga semua orang menggunakan teknik kontrapung.

Homofon

Jenis musik yang satu ini lahir dari tahun 1750 hingga 1825 Masehi. Pada masa itu ditemukan sebuah susunan kunci musik klasik yang terdiri atas 3 suara, selanjutnya dieksplore lagi hingga menjadi 4 atau lebih. Musik seperti ini disebut dengan harmoni pada masa itu.

Era Romantika 

jenis musik klasik

jenis musik klasik

Jenis musik yang satu ini sudah ada dari tahun 1825 hingga 1910. Saat itu musik romantik tidak berubah sama sekali. Jadi masih menggunakan teknik kontrapung dan harmoni. Hanya saja kemudian di era romantik ini alat musik yang digunakannya mulai mengalami kemajuan menjadi lebih lengkap.

Musik Klasik Modern

Jenis musik ini muncul sejak 1910 dan dipakai sampai saat ini. Bahkan perkembangannya semakin meningkat di era modern sekarang ini. Banyak jenis musik yang masuk ke dalam klasik dan cukup populer di era modern, yaitu musik keagamaan, blues, rock, dan tradisional. Maka dari itulah musik klasik modern dianggap lebih berwarna.

Jika ditinjau dari penjelasan diatas maka definisinya adalah salah satu genre yang lahir dari berbagai macam jenis musik. Musik ini berasal dari barat dan sudah mulai populer di semua kalangan masyarakat. Berdasarkan periode pembuatannya, jenis musik klasik ini ada banyak seperti yang disampaikan sebelumnya sehingga hal ini membuatnya semakin unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now