fakta musik dangdut

Fakta Musik Dangdut yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Sebelum mengenal beberapa fakta musik dangdut yang menarik, genre ini ternyata masih sering dianggap kampungan oleh sejumlah orang. Padahal sadar atau tidak, hampir setiap acara TV pasti menayangkan lagu dangdut dan jogetan khasnya setiap hari. Hal ini membuktikan bahwa meskipun dianggap kampungan, namun penggemarnya dari http://178.128.214.248  cukup banyak.

Apalagi dangdut sendiri merupakan salah satu musik asli Indonesia yang harus diakui. Sedangkan musik lainnya seperti jazz, rock, dan pop sebenarnya justru bukanlah dari Indonesia. Namun justru orang-orang lebih menyukai beberapa lagu tersebut daripada dangdut. Padahal dangdut menyimpan banyak fakta menarik didalamnya. Salah satunya memiliki unsur lagu yang lengkap.

Diantaranya yaitu berasal dari campuran musik India, Melayu, dan Arab. Karena dulu para pedagang Arab banyak membawakannya berbentuk qasidah dan gambus. Selanjutnya dengan adanya transformasi secara perlahan membuat dangdut mulai membentuk lagu sesungguhnya. Di bawah ini adalah beberapa fakta musik dangdut menarik untuk disimak, antara lain:

Dangdut Merupakan Musik Sejuta Umat

fakta musik dangdut

fakta musik dangdut

Tidak hanya sebagai identitas dalam negeri saja, genre ini juga dapat membuktikan bahwa musiknya bisa menjangkau semua kalangan masyarakat dan mendunia. Bahkan secara konsisten Anda bisa melihat bahwa musik dangdut selalu ada pada TV Indonesia. Karena sudah banyak orang ketagihan dengan musik dangdut.

Ahli Dangdut Berasal dari Amerika

Meskipun genre ini berasal dari Indonesia, namun siapa sangka bila ternyata ahlinya justru orang Amerika. Dia adalah Prof. Andrew Weintraub, profesor ini telah melakukan sebuah penelitian tentang musik dangdut sejak 1984, ketika masih menempuh pendidikan kuliah program sarjana. Hasil karyanya bisa dilihat dari bukunya seputar musik dangdut.

Dangdut Disukai Semua Orang Seluruh Dunia

fakta musik dangdut

fakta musik dangdut

Tidak hanya orang Indonesia saja, namun di luar negeri ternyata jumlah penggemarnya cukup banyak. Bahkan Jepang sendiri ada OM RANEMA. Selain itu, ada pula funkot yang merupakan salah satu genre musik berunsur campursari dan dangdut, genre ini sangat terkenal di Jepang.

Dangdut Membuat Hati menjadi Senang

Goyangan khas Dangdut selalu membuat siapa saja menjadi senang. Bahkan dangdut bisa membuat orang lebih sehat karena goyangannya seperti sedang berolahraga. Selain membuat Anda menjadi keringatan, dangdut akan menjadikan jantung semakin sehat. Lirik lagunya efektif melupakan masalah sejenak karena bisa dinikmati sambil bergoyang.

Dangdut Senjata Pemanggil Massa Terbaik

Fakta musik dangdut lainnya adalah efektif untuk mengumpulkan massa. Baik untuk acara pernikahan, syukuran, hingga apapun yang berbau politik. Tak heran bila lagu dangdut sering dijadikan sebagai alat untuk berkampanye politik. Cukup dengan mengundang penyanyi dangdut yang hits di lapangan, itu sudah cukup untuk memanggil banyak massa.

Dangdut Memiliki Sosok Raja Sendiri

Bila di Amerika Raja Popnya adalah Michael Jackson, Dangdut rajanya yaitu Rhoma Irama. Beliau gemar berdakwah lewat lagu dangdut sejak menunaikan ibadah haji tahun 1975 yang lalu. Anggota bandnya adalah Soneta, dimana ada larangan minum alkohol dan berzina. Bila ketahuan melanggar akan dikeluarkan dari grup band tersebut.

Dangdut Memiliki Notasi dan Goyangan yang Khas

Hampir setiap penyanyi dangdut pasti memiliki goyangan khas bahkan ada juga kontroversi didalamnya. Menariknya lagi adalah tidak hanya modal goyangan saja, namun terkadang ada juga yang diiringi dengan tarian modern. Terlepas dari itu banyak juga memiliki suara emas, sehingga tidak tampil seronok di atas panggung.

fakta musik dangdut

fakta musik dangdut

Dari sekian banyak fakta yang telah disampaikan di atas, tentunya Anda belum menyadari bahwa ternyata dangdut sudah terdaftar di UNESCO. Karena jika warga Indonesia tidak mencintai musik ini otomatis genre ini bisa diklaim oleh negara lain. Maka dari itulah memahami fakta musik dangdut itu sangat penting demi menjaga warisan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now